Sunday, September 3, 2017

5 Presiden Yang Tetap Memilih Hidup Sederhana Demi Kesejahteraan Rakyatnya !

Presiden merukakan pemimpin tertinggi dalang pemerintahan suatu negara dan sebagai orang nomor satu dalam suatu negara maka otomatis mendap... thumbnail 1 summary
Presiden merukakan pemimpin tertinggi dalang pemerintahan suatu negara dan sebagai orang nomor satu dalam suatu negara maka otomatis mendapatkan fasilitas- fasilitas yang khusus dan gaji tentunya. Pernahkah kamu berfikir berapakah gaji seoerang presiden...?

Jawabanya adalah saya tidak tahu, karena disini saya bukan untuk membahas gaji seorang presiden tapi membahas tentang 5 Presiden Ini Tetap Memilih Hidup Sederhana Demi Kesejahteraan Rakyatnya ! 

Jangan kan Presiden, para pejabat -pejabat Pemerintah yang ada dibawahnya sekelah Gubernur, DPR, dan Para Mentrinya bnyak yang hidup yang glamour, memang sah- sah saja duit juga duit dia tapi asal bukan hasil dari 'nyolong' aja. Tapi alangkah baiknya jika dia lebih memperhatikan kondisi dari rakyatnya, apakah masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan. Lho ngomong apa sih ini kok sudah kayak Kritikus Politik saja .... kwkwk.

Berikut ini Para Presiden bisa menjadi Teladan karena ia  Tetap Memilih Hidup Sederhana Demi Kesejahteraan Rakyatnya, siapa sajakah dia, simak berikut ini :

Mahmoud Ahmadinejad
Mahmoud Ahmadinejad

Sebelum menjadi presiden, Ahmadinejad pernah menjadi wali kota Teheran, Ibukota Iran. Ahmadinejad remi menduduki kursi presiden pada tahun 2005. Saat itu ia diminta untuk mengumumkan kekayaannya. Ternyata kekayannya hanya satu rumah sederhana seluas 175 meter persegi dan mobil Peugeot putih keluaran tahun 1977. Selain itu, ketika baru menempati jabatannya, ia meminta pembantunya untuk menggulung karpet antik peninggalan Persia di istana negara, beliau meminta pembantunya untuk mengganti karpetnya dengan yang jauh lebih sederhana. Belum seberapa, waktu itu sempat viral di media sosial menunjukkan foto Ahmadineja sedang tertidur pulas di atas karpet yang sederhana dan berselimutkan jaket.

Fernando Lugo
Fernando Lugo

Sebelum menjadi Presiden Paraguay, Lugo mendapat julukan sebagai "pastor kaum papa". Maklum aja, karena sebelum menjadi kandidat presiden, Lugo adalah seorang pastor yang sangat getol membela kaum tertindas. Setelah dilantik menjadi presiden di tahun 2008, Lugo langsung menyatakan bahwa ia tidak akan menerima gajinya sebagai presiden yang berjumah sekitar 4000 USD per bulan. Anggapannya adalah, uang tersebut adalah haknya kaum miskin. Tugas sebagai presiden merupakan pengabdian kepada negara dan rakyatnya. Bahkan sempat beberapa wartawan asing (termasuk Indonesia) berkunjung ke rumahnya dan ikut menyantap hidangan malam yang disiapkan. Mereka cukup dikejutkan dengan menu makanan pada malam itu. Mereka menikmati makanan harian Lugo berupa singkong rebus, nasi putih, salad, dan ikan. Makanan tersebut adalah makanan yang biasa dimakan oleh rakyat biasa di Paraguay. Jabatannya sebagai presiden tidak membuatnya lapar akan makanan-makanan mewah.

Jose "Pepe" Mujica
 Jose "Pepe" Mujica

Jose Mujica adalah salah satu pemimpin Gerakan Pembebasan Nasional Tupamaro. Ia menghabiskan 14 tahun di penjara karena aktivitas gerilya melawan kediktatoran. Semenjak resmi menduduki jabatan sebagai Presiden Uruguay pada Maret 2010, Pepe memilih tinggal di rumahnya di pinggiran Kota Montevideo. Semua pekerjaan rumah dikerjakannya sendiri tanpa seorang pelayan. Selama menjadi presiden beliau juga menyumbangkan 90 persen gajinya untuk menambah anggaran sosial negaranya. Pada tahun 2010, kekayaan pribadinya tak lebih dari 1800 USD atau sekitar Rp 18 juta.

Fidel Castro
Fidel Castro

Fidel Castro adalah salah satu pemimpin Revolusi Kuba tahun 1959. Media sering menggembar-gemborkan bahwa Castro adalah diktator dan hidup dengan bergelimpangan harta. Majalah Forbes bahkan menuding Castro memiliki simpanan 900 juta USD di luar negeri. Padahal kenyataannya adalah Castro hidup sangat sederhana. Ia hanya menerima gaji sebesar 900 peso kurang lebih hanya 36 USD atau sekitar Rp 350 ribu. Bahkan di Indonesia sudah cukup sulit untuk mencari pekerja kasar yang mau dibayar Rp 350 ribu per bulan. Apalagi untuk sekelas pemimpin negara.

Nelson Mandela
Nelson Mandela

Kamu pasti tau dong siapa sih Nelson Mandela? Tokoh dari Afrika Selatan ini suka banget lho pake batik khas Indonesia. Beliau juga adalah pemimpin terkemuka pembebasan Afrika Selatan dari kolonialisme dan politik apartheid. Oleh karena itu Mandela sering disanjung oleh masyarakat dunia. Walaupun begitu, Mandela tetaplah sosok yang sangat sederhana. Begitu menjadi presiden di tahun 1994. Mandela rutin memotong gajinya untuk disumbangkan bagi anggaran sosial. Malahan, ia menyerahkan sepertiga gajinya untuk membantu anak-anak. Duuuuuh, dermawan banget ya.

Pada hakikatnya Pejabat negara yaitu mengabdi untuk kabaikan rakyatnya bukan sebaliknya. Itulah tadi para Presiden yang tetap hidup sederhana  Demi Kesejahteraan Rakyatnya. Semoga bermanfaat.

3 comments

  1. Ini dia presiden yang aku suka walaupun dia seorang presiden tetapi tetap hidup dalam kesederhanaan, sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  2. Aww presiden yang tsb diatas semuanya meniru Rasulullah dan cara memimpin dalam Islam dan pemimpin Islam sendiri ngga satupun yang meniru ajaran Islam

    ReplyDelete