Thursday, October 19, 2017

Fakta Menarik Brand Adidas Yang Wajib Kamu Tahu!

Siapa yang tak kenal dengan brand yang satu ini, brand yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia, apalagi untuk kamu yang hobby dengan d... thumbnail 1 summary
Siapa yang tak kenal dengan brand yang satu ini, brand yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia, apalagi untuk kamu yang hobby dengan dunia olahraga pasti tidak asing lagi dengan brand yang satu ini. Ya, kali ini saya akan membahas tentang fakta menarik tentang brand adidas.  

Adidas, perusahaan sepatu asal Jerman yang sudah berdiri hampir 70 tahun di muka bumi ini. Mungkin kalian pada tahu nih brand sepatu yang satu ini, itu loh yang pernah endorse Pharell William dan Kanye West.



Meskipun persaingan langsung bersaing dengan pesaingnya Nike, Adidas telah berhasil mengumpulkan banyak perhatian pada merek tersebut dengan desain baru dan disempurnakan oleh perancang ternama dunia, yaitu Jeremy Scott, dan pengenalan teknologi ground-breaking dari produk baru seperti Ultra Boost. Ternyata ada beberapa fakta menarik brand adidas ini loh.



  •  ‘Stan Smith’, sneaker Adidas yang paling ikonik, pada awalnya ditujukan untuk diberi nama Robert Haillet, Atlet Tenis ternama Prancis, dan bukan Stanley Smith.

  •  Adidas hampir bangkrut di tahun 90an dikarenakan strategi buruk yang di ambil oleh perusahaan
  •  Meskipun brand ini sering banget dikaitkan dengan Hip Hop, tapi ternyata Adidas memiliki invoasi di dunia basket juga loh. Contohnya adalah Adidas Superstar yang merupakan sepatu basket pertama dengan bahan kulit di bagian atasnya.
  •  Logo Trefoil yang biasa kalian lihat itu tidak cuma tampilan aja loh, tapi ternyata ada makna dibaliknya. Logo tersebut pertama kali diperkenalkan di Olimpiade Munich tahun 1972.
  • Brand ini awalnya tidak dikenal sebagai Adidas, yang merupakan singkatan dari Adi Dassler. Pada tahun 1924 namanya adalah Gebruder Dassler Schuhfabrik. Ngga kebayang kalo disingkat namanya jadi apa.
  •   Perancang Jeremy Scott, yang mempunyai andil dalam merancang desain sepatu Adidas yang bisa dibilang nyentrik banget (Coba Googling “jeremy scott adidas”). Debut awalnya dimulai saat Adidas meluncurkan versi Forum Hi Sneaker.

  •  Kelompok rap ikonik DMC di endorse oleh Adidas setelah tampil di New York Madison Square Garden. Pada saat itu mereka menyanyikan lagu hits “My Adidas”, kelompok rap tersebut menyuruh penonton untuk mengambil salah satu sepatu Adidas mereka dan menahannya di udara. Seorang eksekutif Adidas yang hadir sangat terkesan sehingga mereka menawarkan kesepakatan endorse seharga $ 1 juta langsung di tempat itu. Gila kan?
  • Garis sepatu EQT merek pada awalnya seharusnya berfungsi sebagai simbol status, mirip kayak tampilan sepatu sneaker Jordan saat ini.
  •  Adidas adalah yang pertama memperkenalkan microchip ke dalam desain sepatu kets mereka. Adidas Micropacer adalah salah satu contohnya yang memungkinkan atlet untuk memeriksa jumlah kalori yang mereka bakar dan kecepatannya di antara yang lainnya.
  •  Garis strip yang biasa ada di sepatu Adidas dulunya berfungsi sebagai stabilitas aja loh, bukan untuk desain.
  •   Nike mencoba untuk menghentikan Adidas yang lagi populer – populernya saat itu. Meski berhasil, tapi hakim berpihak kepada Adidas. Sehingga sampai sekarang kalian bisa melihat brand ini ada di toko – toko sepatu, bahkan sampai ada yang KW nya.
  •   Ide lagu “My Adidas” tercipta saat Produser Eksekutif Russel Simons lagi dalam kondisi ‘setengah sadar’, kemudian dia langsung bilang ke grup nya “Bagaimana kalau kita bikin lagu tentang sepatu?”. Rada ngga jelas sih, yaa tapi hal tersebut jadi sejarah sampai sekarang ini.
  •  Adi Dassler dulunya adalah pembuat roti loh, sebelum namanya dikenal sampai sekarang sebagai pencipta brand Adidas.
  • Adidas tidak dikenal sebagai Adidas sampai akhir 1940-an. Nama Adidas baru muncul setelah Dassler dan saudaranya mengalami perselisihan. Dassler memutuskan untuk tetap memakai nama Adidas dan membuat trade mark pada tahun 1949.
  •  Adidas menggugat Payless ShoeSource pada tahun 2008 karena merilis sepasang sepatu kets yang menampilkan 4 garis, bukan 3. Mereka akhirnya meminta ganti rugi sejumlah $305 juta. Fantastis!
  •   Adidas menawarkan pembalap legendaris BMX, Ryan Nyquist dan Dave Mirra menggunakan sepatu sneakers mereka sendiri untuk meningkatkan popularitasnya di antara pembalap BMX.
  •   Adidas adalah perusahaan induk Taylor Made, Rockport dan Reebok.
  •  Michael Jordan, pemain basket terkenal dunia dan 6 kali juara NBA, hampir berkerja sama dengan Adidas sebelum dia menandatangani kontraknya dengan merek sepatu Nike.
  •  Jesse Owens mengenakan sepatu Adidas saat ia memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Panas 1936 di Munich. Meskipun sempat diremehkan karena berkulit hitam saat regim Hitler. Owens memberikan ‘tamparan’ dengan memenangkan 4 medali emas menggunakan sepatu asal Jerman. Oww…
  •  ‘Adidas Superstar’, yang pada awalnya ditujukan untuk bola basket, menjadi sangat populer di kalangan pemain skateboard di awal tahun 90an.
  •  Adidas asli awalnya tidak dibuat di Jerman, tapi di Prancis. Mereka juga satu-satunya yang menampilkan Trefoil emas di bagian depan sepatu sneaker.
  •   Adidas menciptakan garis sandinya ‘Adilette’ secara khusus untuk melindungi pemain sepak bola dari hal – hal yang mengganggu seperti kontrak tidak jelas/palsu.
  •  Kolaborasi Adidas dengan Matt Bonner langsung tercipta ketika, si Bonner memposting tweet di Twitter tentang rival nya yaitu New Balance tidak mengirimkan sneaker lagi kepadanya. Jadi, ini adalah kode Bonner yang langsung di gunakan oleh Adidas sebagai peluang untuk mempopulerkan namanya kembali.
  •   Bentuk tali Adidas terinspirasi oleh ban mobil. Aneh..
  •  Sepasang sepatu Adidas ‘Jeans’ diperkenalkan, namun cukup menarik, mereka tidak menampilkan denim apapun. Akan tetapi, mereka hanya membuat sepasang sepatu suede berwarna biru dengan sol karet. Ilusi semata jadinya.
  •  Horst Dassler, putra Adi Dassler, adalah orang yang pertama kali mendekati peraih medali emas Mark Spitz untuk memakai sepatunya.
Setelah bertahun-tahun selau mengekor di belakang si Nike, Adidas perlahan, tapi pasti mendapatkan feedback yang akhirnya dapat kembali mengambil pasar anak muda di Amerika Serikat dan dunia. Merek ini sekarang dikenal dengan desain yang inovatif dan tampaknya akan kembali ke masa-masa jayanya di tahun 1980an.

Jadi yang mana menurut kamu brand mana yang lebih unggul Nike atau Adidas, hmmm... kalau menurut saya semuanya sih bagus tinggal disesuaikan saja sengan selera masing masing...

No comments

Post a Comment