Friday, September 1, 2017

Pengertian Vsync Dalam Game

Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Vsync Dalam Game . Bagi para gamer pasti sudah tidak asing dengan kata Vsync. Pengartian Vsy... thumbnail 1 summary
Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Vsync Dalam Game. Bagi para gamer pasti sudah tidak asing dengan kata Vsync. Pengartian Vsync yaitu suatu fungsi dalam game yang berguna untuk memperhalus gambar dan menghilangkan gambar yang patah-patah atau bergaris dalam game.


Penjelasan lebih lengkapnya yaitu V-Sync adalah singkatan dari Vertical Synchronization, sebuah opsi setting grafis yang membatasi jumlah frame yang dihasilkan oleh graphic card untuk menyesuaikan dengan jumlah refresh rate yang dimiliki oleh monitor yang kita gunakan. Jika kamu menggunakan monitor dengan refresh rate 60Hz (monitor merefresh gambar pada layar setiap 60 kali per detik), maka V-Sync akan mengatur framerate dari game yang kita mainkan menghasilkan maksimal 60 frame per detik.

Situasi ideal dalam hal ini adalah graphic card tersinkronisasi sempurna dengan refresh rate monitor, memastikan setiap graphic card menghasilkan sebuah frame maka monitor telah siap untuk menangkap frame tersebut dan menampilkannya pada layar. Masalah akan muncul saat graphic card menghasilkan frame gambar lebih banyak dibandingkan dengan apa yang monitor bisa tangkap per detik sehingga menghasilkan distorsi gambar yang biasa disebut dengan Screen Tearing.

Saat V-Sync di-nonaktifkan fps yang dihasilkan oleh graphic card dan refresh rate monitor tidak memiliki hubungan satu sama lain, sehingga graphic card akan bekerja sepenuh tenaga dan mengirimkan frame sebanyak mungkin untuk ditampilkan oleh monitor. VGA card tidak memperdulikan apakah monitor dapat menampilkan seluruh frame yang dihasilkan.

Saat V-Sync di-aktifkan yang terjadi adalah setiap saat sebelum dapat mengirim gambar frame, graphic card diharuskan menunggu sinyal dari monitor apakah monitor sudah siap untuk menangkap lagi frame yang dapat dihasilkan. Hasilnya adalah graphic card tidak akan menghasilkan fps melebihi kemampuan refresh rate Hz monitor. Sebagai contoh apabila monitor yang digunakan memiliki refresh rate 60Hz, maka VGA card hanya akan menghasilkan maksimal 60 fps.

Sangat dianjurkan untuk Mengaktifkan Vsync untuk mendapat performa grafik yang maksimal dalam bermain game tapi dengan syarat didukung dengan VGA card yang mempuni juga.


No comments

Post a Comment